Di Putaran Kedua Anies Target Perolehan Suara di Atas 50 Persen

anies pilkada dki ahok Foto: Anies Baswedan berdialog dengan warga di Tebet, Jakarta. Selatan

Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menargetkan memperoleh 50 persen suara pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Menurut Anies, target itu bisa dicapai dengan menggaet dukungan dari pendukung Agus-Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

"Insya Allah di atas 50 persen. Tapi kami harus bekerja keras," ujar Anies, dalam acara "Satu Meja" yang disiarkan Kompas TV, Senin (13/3).

Anies menjelaskan, perolehan 50 persen suara itu bisa didapat berdasarkan hitung-hitungan dari perolehan suara Agus-Sylvi sebesar 17,05 persen, dan suara pemilih Anies-Sandi sebesar 39,95 persen pada putaran pertama.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu sangat yakin mayoritas warga Jakarta menginginkan adanya perubahan kepemimpinan di Jakarta.

"Tidak otomatis bahwa hasil kemarin menujukkan 57 persen (gabungan suara Agus-Sylviana dan Anies-Sandi) warga Jakarta menginginkan gubernur baru, tetapi keinginan gubernur baru itu ada dalam dua pilihan. Di paslon Agus-Sylvi dan Anies-Sandi," ujar Anies.

"Jadi kami harus bekerja untuk modal 17 persen sekaligus untuk menjangkau pendukung lain," ujar Anies.

Pemungutan suara putaran kedua Pilkada DKI akan dilakukan pada 19 April 2017. Pasangan Anies-Sandi akan bersaing dengan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat yang pada putaran pertama memeroleh 42,99 persen suara.