Jokowi Minta Mendag Berdayakan Dubes Agar Gencar Promosikan Produk Kreatif Indonesia

presiden jokowi Produk Kreatif Foto: Presiden Jokowi.

Jakarta - Presiden Jokowi meminta Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Kementerian Luar Negeri bersinergi untuk memberdayakan kedutaan besar Indonesia di penjuru dunia mempromosikan produk industri kerajinan dan kreatif dalam negeri.
 
"Saya minta ke Pak Menteri Perdagangan di kedutaan besar dan konsulat kita di mancanegara agar terus menggencarkan promosi produk-produk industri kerajinan dan industri kreatif kita," ujar Jokowi di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (26/4).
 
Jokowi juga berpesan kepada para pelaku industri kerajinan dan kreatif untuk betul-betul memperhatikan sejumlah prinsip dalam berbisnis. Mulai dari soal kesesuaian dengan kebutuhan konsumen, kesesuaian harga dan ketepatan waktu dalam pengiriman.
 
Terakhir, Jokowi tidak lupa berpesan soal pentingnya kemasan sebuah produk. Kemasan produk harus semenarik mungkin. Bahkan jika perlu kemasan menunjukan kekhasan budaya di Indonesia.
 
"Kemasan membuat pembeli jatuh cinta pada pandangan pertama. Kalau ini bisa kita kerjakan, saya yakin pembelian produk-produk kerajinan dari negara kita akan semakin naik," ujar Jokowi.
 
Pemerintah berkomitmen terus menyentuh para pelaku industri kerajinan dan kreatif tanah air melalui program kredit usaha demi mengembangkan usaha tersebut.