Diduga Lahan di Riau Sengaja Dibakar, Menteri Siti Lapor Presiden

Menteri LHK Siti Nurbaya Foto: Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar.

Jakarta - Kebakaran hutan yang kuat diduga terjadi karena kesengajaan, muncul di Kabupaten Bengkalis, Riau. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar telah melaporkan temuan soal kasus ini dan kasus-kasus serupa ke Presiden Jokowi.
 
"Saya sudah lapor Bapak Presiden tentang pola ini yang kita harus selesaikan," kata Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (27/7).
 
Kebakaran semacam ini memang sudah umum terjadi. Hanya saja, pihak pemerintah merasa belum bisa menindaknya secara efektif dan absah. Maka kini strategi sedang disusun supaya langkah yang diterapkan ke pelaku pembakar hutan bisa lebih mantap.
 
"Memang tidak gampang membereskannya satu per satu. Karena kan kalau bicara aspek legal, ilegal, hukum, itu kan mesti pas. Nggak boleh kita diskreditkan orang. Jadi itu sedang kita susun betul," tutur Siti.
 
Kasus kebakaran di Bengkalis itu terjadi di kawasan Hutan Tanaman Industri PT Rimba Rokan Perkasa seluas 22.930 hektare. Diduga kuat, pembakaran masif tersebut menggunakan perhitungan arah angin.
 
"Itu kelihatannya memang persiapan tanah. Itu modelnya, sudahlah, kalau sudah mau musim sehabis ini panen, bayar. Sudah begitu orang disuruh bakar dan dibayar. Hal-hal seperti itu sudah ketahuan polanya. Ini memang akan kita selesaikan," kata Siti.
 
Dia sudah melakukan survei di Taman Nasional Tesso Nilo Riau bersama para aktivis kehutanan. Pola pembakaran seperti ini sudah dijalankan di Riau dan banyak wilayah di Indonesia.
Gambar yang diambil dari udara terkait terbakarnya lahan di Riau (Twitter Sutopo Purwo Nugroho).
Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengunggah gambar yang diambil dari udara terkait terbakarnya lahan di Riau di akun Twitter-nya. Gambar tersebut diberi keterangan oleh Sutopo soal pola penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Riau itu memperlihatkan kepulan asap yang membumbung tinggi.
 
Sutopo memberi lingkaran merah pada sebuah objek berwarna putih yang diduga sebagai pondokan yang tidak tersentuh asap. Menurutnya, pola terbakarnya lahan di Riau sudah terstruktur yaitu diduga karena adanya kesengajaan dibakar.
 
"Kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Mandau, Bengkalis,  Riau. Ada pondoknya. Pola terstruktur. Penyebab: disengaja dibakar," tulis Sutopo sebagaimana dilihat di akunnya, Rabu (26/7).