Peringati Hari Pahlawan

Momentum Warga Binaan Rutan Depok Perbaiki Sikap dan Perilaku Lebih Baik

karutan rutan depok Foto: Karutan Kelas IIB Depok, Bawono Ika Sutomo (tengah) foto bersama dengan warga binaan dalam memperingati Hari Pahlawan di Rutan Depok.

Depok - Kemenkumham RI melalui  Ditjen Pemasyarakatan menginstuksikan agar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) seluruh Indonesia menggelar kegiatan menyambut Hari Pahlawan dengan melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan pihak keluarga.
 
Kegiatan ini juga berlangsung di gazebo ruang kunjungan Rutan Kelas IIB Depok dengan tema "Semangat Pahlawan Didadaku" diisi dengan aneka lomba seperti Lomba Pembacaan Puisi bertemakan perjuangan dan Lomba Menggunakan Busana Perjuangan.
 
Sedangkan acara puncak dipusatkan di Lapas Pemuda Tangerang, Banten dipimpin langsung oleh Dirjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Utami  dan disiarkan secara langsung via aplikasi zoom.
 
“Momentum peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Rutan Depok merupakan salah satu upaya pembinaan bagi WBP sebagaimana tercantum dalam UU No 12 tahun 1995 yang dalam hal ini di antaranya menggelorakan semangat perjuangan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara, serta memberikan motivasi kepada WBP untuk memperbaiki sikap dan prilaku dalam rangka menata kehidupan yang lebih baik dan menumbuhkan nasionalisme,” kata Karutan Kelas IIB Depok, Bawono Ika Sutomo dalam sambutannya, Sabtu (10/11).
 
Acara yang juga dimeriahkan Etnik Band Rudep menjadi semakin bergelora dengan lagu-lagu perjuangan yang dibawakannya. Keluarga dari warga binaan pun turut larut mengikuti kemeriahan acara Lomba Puisi Perjuangan dan Busana Perjuangan.
 
Acara ditutup dengan pembagian hadiah oleh Karutan dan Kasubsi Pelayanan Tahanan kepada pemenang aneka lomba menyambut Hari Pahlawan 2018.