Belanda Keluarkan Travel Warning ke Turki

belanda turki travel warning Foto: Ilustrasi petugas kepolisian Turki berjaga-jaga. (AP)

Jakarta - Krisis diplomatik yang terjadi antara Belanda dan Turki mengakibatkan ketegangan hubungan keamanan di kedua negara. Terbaru, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Belanda telah mengeluarkan peringatan perjalanan (travel warning) bagi warganya untuk berhati-hati mengunjungi Turki.

“Sejak 11 Maret 2017, terjadi ketegangan diplomatik antara Turki dan Belanda. Tetap waspada di seluruh Turki dan hindari pertemuan dan tempat-tempat yang dipenuhi kerumunan,” sebut peringatan itu.

Kemlu Belanda ingin memperingatkan adanya risiko keamanan saat berpergian ke Turki. Warga Belanda juga harus melaporkan dirinya jika mau mengunjungi Turki.

Sektor pariwisata Turki saat ini sudah menderita karena adanya aksi percobaan kudeta militer tahun lalu dan sejumlah serangan terorisme. Kunjungan warga Belanda ke Turki turun 30 persen tahun lalu.

PM Belanda Mark Rutte mengecam Turki atas ancaman sanksinya, sehingga menambah ketegangan kedua negara. “Kami tidak akan berunding di bawah ancaman oleh Pemerintah Turki,” kata Rutte.

Kabinet Turki dijadwalkan akan membahas tentang sanksi potensial kepada negara Eropa, setelah Kemlu Turki menyebut langkah Belanda menciptakan konsekuensi serius dalam hubungan diplomatik, politik, ekonomi, dan aspek lainnya.

Sebagai aksi balasan atas pelarangan menteri Turki untuk berkampanye di Belanda, Turki melarang duta besar Belanda untuk memasuki negara itu. Turki juga menghentikan penerbangan diplomatik dan pertemuan-pertemuan tingkat tinggi kedua negara.

Duta Besar Belanda Cornelis Van Rij saat ini telah kembali ke negaranya. Wakil Perdana Menteri (PM) Turki mengatakan tindakan Belanda yang mencegah menteri luar negeri Turki untuk mendarat di Rotterdam dan perlakuan kepada menteri keluarga Turki, adalah tanda runtuhnya Eropa.