Bakat Bermusik, Rudep Band Akan Keluarkan Album Perdana

rutan depok Foto: Rudep Band.

Depok - Berstatus narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) tidak menghalangi 11 pemuda ini berkreasi dan mengembangkan bakat.

Berangkat dari kegemaran yang sama, bermusik, mereka tergabung dalam grup band dan bahkan tidak lama lagi akan mengeluarkan album perdananya.

Mereka adalah Rahmatwahyudi (gitar), Ahmad Fauzi (biola), Ridwan (bongo), Zepri Hermawan (jimbe), Asep Suhendra (kahon), Charles Nicolas (gitar), Salal (angklung), Anggie Tri Budi (keybord), Dede Sumantoro (bass) dan vokalis pada Ahmad Nijar Fahmi dan Edi suanto.

Ke 11 warga binaan Rutan Depok, Jawa Barat ini mengusung grup band dengan nama Rudep Band.

Berbekal alat musik sederhana, mereka mengasah kemampuan dengan berlatih setiap sore dari Senin-Sabtu didalam area Rutan.

Dengan segala keterbatasan, warga binaan yang menjalani hukuman untuk kasus yang berbeda-beda itu semakin terlecut dan benar-benar memanfaatkan kesempatan yang diberikan pihak Rutan.

Hasilnya, sudah ada beberapa lagu yang mereka ciptakan bersama, di antaranya Rutan Depok, Kanwil Jabar Kahiji, Kau, dan Pegawai Bui, yang keseluruhan lagu-lagu tersebut terbingkai dalam sebuah album yang tidak lama lagi akan masuk dapur rekaman.

Kepala Rutan Depok, Sohibur Rachman sebagai penggagas ide tersebut mengungkapkan, niat untuk membuatkan album perdana grup musik narapidana ini muncul secara spontan.

“Mereka inikan punya bakat, sayang kalau tidak diasah. Meskipun berada disini (penjara-red) bukan berati kreativitas dan sebuah karya harus mati. Ini saya rasa adalah hal positif dan harus kami dukung,” katanya di Rutan Depok, Senin (26/2).

Ia menjelaskan, aliran musik yang dilakoni 11 warga binaan ini adalah musik etnik tradisional. Beberapa alat musik bahkan mereka ciptakan sendiri dari bambu dan kayu.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan keluar album perdananya. Lagu yang dibawakan temanya tentang kehidupan yang mereka jalani selama di Rutan. Ini asli ciptaan mereka dan saya yakin bisa diterima masyarakat,” ujarnya.

Band yang dibentuk sejak tahun 2016 ini telah beberapa kali tampil di tempat umum. Bahkan, mereka dipercaya untuk mengisi hiburan di acara resmi Pemerintah Kota Depok.

   
BACA JUGA :