Kloter Kedua Mudik Gratis Polri, 1.046 Orang Diberangkatkan dari GBK

Dirlantas PMJ, Kombes Sambodo Purnomo Yogo Foto: Dirlantas PMJ Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo

Jakarta - Kloter  kedua Mudik Gratis Polri momen Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1443 H telah dilepas di Glora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat pada Selasa 26 April 2022. Ada sebanyak 1.041 pemudik diberangkatkan dengan menggunakan 26 bus. 

Dirlantas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa sampai saat ini sudah 1.581 warga yang diberangkatkan melalui layanan mudik Lebaran 2022 pada Senin (25/4/2022) dan Selasa ini. "Kemarin kami berangkat 13 bus dengan jumlah penumpang 540 orang. Hari ini kami berangkatkan 26 bus dengan jumlah penumpang 1.041," kata Kombes Pol Sambodo dikitip dari Kompas.com.

Keberangkatan peserta mudik gratis akan kembali dilaksanakan pada Jumat (29/4/2022) dengan jumlah peserta lebih dari 10.000 orang. "Untuk hari Jumat itu setidaknya sudah terdaftar 10.000 lebih penumpang. Untuk bus nanti kami hitung, perkiraannya sekitar 250 bus. Karena kan sampai dengan hari Kamis pendaftaran masih kami buka," tambahnya. 

PMJ membuka layanan program mudik gratis pada momen Lebaran 2022 berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Akibat larangan mudik karena pandemi Covid-19, Polda Metro Jaya menerapkan penyekatan. Dalam program mudik gratis, PMJ menyiapkan 400 armada untuk masyarakat di Jabodetabek. Informasi mudik gratis dengan tagline "Mudik Aman, Mudik Sehat" itu disebar melalui akun Twitter, @TMCPoldaMetro.

Pendaftaran mudik gratis Lebaran 2022 ini dilakukan secara offline dengan lokasi di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya. Pendaftaran dibuka sampai Kamis (28/4/2022). Untuk syarat pendaftaran, masyarakat harus membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Masyarakat yang telah mendaftar nantinya akan diberangkatkan dengan waktu yang berbeda-beda dari Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Adapun keberangkatan peserta mudik gratis ini dijadwalkan pada Senin kemarin, Selasa ini, dan Jumat (29/4/2022). Ada empat provinsi tujuan mudik gratis lebaran tahun ini. Yitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Jawa Barat: Jakarta-Cirebon, Jakarta-Kuningan, Jakarta-Garut Jakarta-Tasikmalaya. Jawa Timur: Jakarta-Madiun, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lamongan, Jakarta-Jember dan Jakarta-Kediri. 

Jawa Tengah: Jakarta-Brebes, Jakarta-Tegal, Jakarta-Pekalongan, Jakarta-Purwokerto Jakarta-Kebumen, Jakarta-Purworejo, Jakarta-Pati Jakarta-Solo, Jakarta-Semarang. Yogyakarta: Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Gunung Kidul, Jakarta-Sleman. (Armei)