Demokrat Persilahkan Kader Dukung Paslon Selama Belum Ada Arahan Partai

demokrat pilkada dki ahok Foto: Ilustrasi kampanye Partai Demokrat.

Jakarta - Hingga saat ini, Partai Demokrat masih belum menentukan sikap dan arah dukungan di putaran kedua Pilgub DKI 2017.

Meski demikian, sejumlah akar rumput hingga anggota dewan pembina telah menyatakan dukungan kepada pasangan calon tertentu.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum DPP Demokrat Roy Suryo menyebut bahwa partai mempersilakan para kader jika ingin memberikan dukungan kepada paslon tertentu.

Terlebih hingga saat ini Demokrat masih memiliki 3 opsi dalam putaran kedua, yaitu mendukung paslon 3 (Anis Baswedan-Sandiaga Uno), mendukung paslon 2 (Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Yusuf), dan non blok.

"Selama tidak mengatasnamakan institusi sah-sah saja. Pak SBY adalah orang yang menghormati demokrasi, terukur, terstruktur, dan mapan. Atas nama relawan sah-sah saja," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/3).

Namun begitu, Roy mengingatkan kepada para pendukung dan kader yang sudah menyatakan dukungan untuk kembali mengikuti arahan Demokrat, jika nantinya partai menyatakan untuk mendukung paslon tertentu.

"Kalau ada arahan harus ikut. Kalau arahannya non blok, ya sudah enak," pungkasnya.