Pemkot Gunungsitoli Fokus Program Prioritas

medan gunungsitoli Foto: Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua.

Gunungsitoli - Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli, Sumatera Utara, selama tahun 2018 akan lebih fokus pada sejumlah program prioritas yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
 
Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua mengatakan, untuk tahun 2018 ini seluruh kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Gunungsitoli harus yang benar-benar menyentuh dan bermanfaat langsung kepada masyarakat sebagai skala prioritas.
 
"Kita fokus dan sudah mengambil satu keputusan bahwa semua kegiatan tahun 2018 harus menyentuh dan bermanfaat langsung dengan masyarakat atau yang skala prioritas saja," katanya, Rabu (7/2).
 
Tahun 2017, seluruh anggaran yang dikelola Pemkot Gunungsitoli untuk seluruh kegiatan yang berasal dari APBN, DAK, DAU dan sumber dana lainnya sekitar Rp 845 milliar. Sedangkan realisasi anggaran hanya mencapai 92 persen atau sekitar Rp778 milliar.
 
Ada kendala yang dialami Pemkot Gunungsitoli dalam penggunaan dana pada tahun 2017 berasal dari pusat, dan sumber dana seperti dari pendapatan asli daerah (PAD).
 
"Namanya juga rencana atau prediksi, dimana apa yang kita rencanakan sebelumnya tidak semua akan tercapai sesuai yang kita harapkan, makanya realisasi seluruh anggaran yang kita kelola di Kota Gunungsitoli tidak mencapai 100 persen," tuturnya. ant