Arema FC Pemenang Piala Presiden 2017

piala presiden 2017 arema Foto: Presiden Jokowi menyerahkan Piala Presiden 2017 kepada Arema FC. (Biro Pers Setpres)

Bogor - Pertandingan sepakbola memperebutkan Piala Presiden 2017 telah berakhir, dan pemenangnya adalah Arema FC setelah mengalahkan Pusamania Borneo FC di laga final.

Arema FC menang atas Pusamania Borneo FC 5-1 dalam pertandingan yang ditonton langsung oleh Presiden Jokowi tersebut.

"Saya ingin mengucapkan selamat atas kemenangan Arema dan kepada seluruh insan sepakbola," kata Jokowi seusai pertandingan di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/3).

Jokowi pun menyerahkan langsung trofi Piala Presiden kepada Arema FC. Selain itu, Jokowi menyalami satu per satu pemain sepak bola dari kesebelasan yang meraih peringkat III (Persib Bandung), runner-up (Pusamania Borneo FC), dan tentunya Arema FC.

"Tahun lalu Persib Bandung, Sekarang Arema, mungkin tahun depan lagi ada yang bisa," ungkap Jokowi.

Jalannya pertandingan berlangsung aman meski sempat diwarnai sedikit kericuhan di luar stadion. Jokowi pun terlihat bangga ketika menyerahkan piala bergengsi yang terbuat dari kayu yang diukir tersebut.

Sebelumnya, Piala Presiden 2017 ini diikuti dari 20 klub yang tersebar di seluruh Nusantara. Pertandingan awal digelar 4 Februari 2017 dengan hadiah Rp 3 miliar bagi klub pemenang juara satu.

Pada babak penyisihan, 20 klub itu terbagi dalam lima grup. Di mana ada lima kota yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah yaitu Sleman, Bandung, Bali, Madura, dan Malang.

Total, ada 40 pertandingan yang telah berlangsung dengan laga perdana PSS Sleman kontra Persipura Jayapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman.