Pilkada Karawang

Paska Debat Jimmy–Yusni Masih Unggul atas Dua Paslon lainnya

Ahmadzamakhsyari Foto: Pasangan Cabup-Cawabup Pilkada Karawang 2020. (infoka.id)

Karawang-Pilkada Karawang tinggal hitungan hari. Paska debat kandidat dan menjelang hari tenang, berdasarkan survey terbaru dari Indomatrik, pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Jimmy-Yusni masih unggul atas dua  paslon lainnya.

Eletabilitas Jimmy-Yusni berkibar dengan angka elektabilitas 46,75 persen disusul paslon nomor urut 2, Cellica-Aep dengan 41,15 persen, dan paslon nomor urut 1 Yessy-Adly dengan elektabilitas 6,25 persen.

Pada survey terbaru tersebut, angka yang belum menentukan pilihan sudah berkurang menjadi 5,85 persen.

Direktur Riset Indomatrik Husin Yazid menjelaskan, survey kedua ini dilakukan dari tanggal 27 November hingga 1 Desember 2020 dengan Metode Multistage Random Sampling. Dimana jumlah sampel sebanyak 1.250 responden, dengan Margin of Error + 2,9 % pada tingkat kepercayaan 95%.

Dijelaskan,  tingkat elektabilitas itu kemungkinan tidak akan jauh berbeda saat pencoblosan 9 Desember mendatang. Pasalnya para calon pemilih telah menentukan pilihannya masing-masing.

Hal ini tergambar sudah sangat kuat dari hasil survei ini. “Para pemilih yang akan memilih Jimmy–Yusni mengemuka sudah yakin mencapai 96,30 persen. Yang mungkin berubah hanya 2,10%  dan yang masih ngambang sekitar 1,60 persen,” ujarnya.

Ditambahkan Husin, peluang mengubah pilihan disebabkan oleh beberapa alasan. Yang terbanyak karena melihat program paslon (saat debat) angkanya mencapai 15,55 persen.

Disusul masih mempertimbangkan pasangan terbaik sekitar 14 persen. Sementara ada sekitar 9 persen pemilih yang berpotensi merubah pilihan didasarkan karena membandingkan dengan calon lain.

Sementara alasan pemilih menjatuhkan pilihannya pada paslon dengan alasan merakyat masih yang tertinggi sekitar 30 persen. Selain itu, sebanyak 27 persen pemilih menjatuhkan pilihan karena citra paslon agamis. Kemudian, Paslon berpengalaman sekitar 26 persen.

“Sementara yang menarik debat kandidat ternyata berpengaruh cukup signifikan terhadap pemilih.  Sekitar 25.50 persen pemilih merasa yakin dengan pilihannya setelah menyaksikan debat kandidat,” ulasnya lagi.

   
BACA JUGA :