Mudik Gratis Polri: PMJ Berangkatkan 540 Pemudik dari Jakarta

Dirlantas PMJ, Kombes Sambodo Purnomo Yogo Foto: Dirlantas PMJ, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyapa masyarakat pemuik (istimewa)

Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memberangkatkan sebanyak 540 pemudik, Senin 25 April 2022. Pemberangkatan ini merupakan Program Mudik Gratis Polri di tahun ini, dengan menyediakan 400 bus dengan 21 kota tujuan secara bertahab. 

Di hari pertama pemberangkatan, Polri menggunakan 13 bus dengan jumlah  540 pemudik tujuan Pulau Jawa.  “Hari ini Polri memberangkatkan 540 pemudik dengan menggunakan 13 bus yaitu Jawa Barat satu bus, Jawa Tengah tujuh bus, Daerah Istimewa Yogyakarta dua bus dan Jawa Timur tiga bus,” kata Kombes Pol Sambodo dikutip dari PikiranRakyat.com. 

Awalnya lanjut Kombes Pol Sambodo, mudik gratis ini dilakukan dengan membuka posko sejak Rabu 20 April 2022 di BPMJ. Banyak masyarakat dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya datang untuk mendaftar mudik Lebaran 2022 gratis tersebut.
“Untuk pemberangkatan besok pendaftaran masih kita buka sampai siang ini, sedangkan untuk Jumat, pendaftaran masih kita buka sampai Jumat siang,” ujarnya. 

Polda Metro Jaya mencatat, untuk pemberangkatan pada Selasa 26 April sudah mencapai 926 penumpang, sedangkan untuk Jumat, sudah terdaftar 9.791 penumpang. Total pemudik sebanyak 11.297 orang dengan kota tujuan paling banyak ialah Jawa Tengah.

Terdapat 731 penumpang dengan tujuan Jawa Barat, 7.353 penumpang tujuan Jawa Tengah, 1.749 penumpang dengan tujuan Daerah Istimewa Yogakarta, dan 1.824 penumpang dengan tujuan Jawa Timur, dengan rincian kota sebagai berikut:

Jawa Barat: Jakarta-Cirebon, Jakarta-Kuningan, Jakarta-Garut dan Jakarta-Tasikmalaya. Jawa Tengah: Jakarta-Brebes, Jakarta-Tegal, Jakarta-Pekalongan, Jakarta-Puwokerto, Jakarta-Kebumen, Jakarta-Purworejo, Jakarta-Pati, Jakarta-Solo dan Jakarta-Semarang

Jawa Timur: Jakarta-Madiun, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lamongan, Jakarta-Jember dan Jakarta-Kediri. DI Yogyakarta: Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Gunung Kidul, Jakarta-Sleman