Ini Tekad Rossi dan Lorenzo di MotorGP 2017

MotoGP Valentino Rossi Yamaha Ducati Jorge Lorenzo Foto: Valentino Rossi.

Jakarta - Pembalap MotoGP Valentino Rossi bertekad meraih juara dunia ke-10, tahun ini. Pembalap berusia 38 tahun itu menyatakan sanggup bersaing dengan enam orang pembalap lainnya.
 
Rossi berada di posisi dua klasemen MotoGP dalam tiga musim terakhir. Tapi musim 2015 adalah yang paling menyakitkan bagi pembalap Italia tersebut, karena ia berselisih dengan Marquez, termasuk menendang pembalap asal Spanyol itu hingga jatuh dari motornya di Malaysia.
 
Pembalap asal Italia itu berada dalam konstruksi Yamaha sejak 2013. Meski tergolong ‘gaek’ untuk ukuran seorang pembalap, namun Rossi masih penuh semangat dan kerja kerasnya patut diacungi jempol. Ia masih mampu bersaing dengan pembalap muda yang agresif dan energik.
 
Meski gelaran MotorGP baru akan dilaksanakan Maret, namun para pembalap sudah melakoni uji motor sejak Januari lalu.  
 
Dikabarkan, Rossi menyelesaikan tiga hari pengujian pramusim I MotoGP 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia, dengan sangat puas. Menurut The Doctor, sebutan akrabnya, kepuasannya itu berkaitan dengan kemajuan yang dia buat dengan motor Yamaha YZR-M1 spesifikasi terbaru.
 
Seperti dilaporkan Motorsport dan GPOne pada Rabu (1/2/2017) malam WIB. Rossi menyelesaikan hari ketiga atau terakhir tes pramusim I MotoGP 2017 dengan menorehkan waktu tercepat kelima. Secara keseluruhan, dia menempati urutan keenam tercepat dengan waktu terbaik 1 menit 59,589 detik.
 
Meski demikian, catatan waktunya itu masih tertinggal 0,2 detik dari yang dibuat rekan setimnya di Movistar Yamaha, Maverick Vinales, rider tercepat di hari terakhir pengujian sekaligus secara umum. Rossi juga tertinggal 0,1 detik dari juara bertahan Marc Marquez (Honda Repsol) yang nangkring di posisi ketiga keseluruhan.
 
Walau kalah dari Vinales dan Marquez, hingga Andrea Iannone (Suzuki), Andrea Dovizioso (Ducati), serta Dani Pedrosa (Honda Repsol). Rossi masing menganggap dia ada di sana bersama para pembalap terbaik.
 
Pembalap dengan nomor 46 itu, belum lama ini mengunjungi destinasi wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Diharapkan kunjungannya itu bisa mempromosikan lebih luas lagi destinasi Labuan Bajo yang sudah terpilih sebagai salah satu destinasi unggulan Indonesia.
Jorge Lorenzo
Tentu bukan hanya Rossi yan bertekad menjadi juara di MoforGP 2017. Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo pun punya ambisi yang sama. Hebatnya ambisinya itu dia cetuskan di Jakarta, baru-baru ini. Seperti diketahui, Indonesia jadi negara destinasi pertama Ducati memperkenalkan Jorge Lorenzo sebagai pembalap baru di MotoGP 2017. 
 
Lorenzo bersama Direktur Olahraga Ducati Corse Paolo Ciabatti, datang ke Jakarta untuk memenuhi undangan yang digelar Shell Indonesia. Shell selaku produsen pelumas motor terkemuka dunia itu menggelar konferensi pers terkait kerjasamanya dengan Ducati di lintasan balap.
 
Lorenzo yang baru mengikuti tes pramusim di Malaysia, tiba di Jakarta dengan senyum tersungging. Pembalap berusia 29 tahun itu telah pindah dari Yamaha yang gelutinya selama sembilan tahun, ke Ducati.
 
Untuk pecinta MotorGP d Indonesia, mari kita lihat siapa yang menjadi juara di akhir musim nanti. Kita tunggu.