Hasil Pleno KPU DKI, Suara Ahok-Djarot di Posisi Pertama

kpu pilgub dki ahok Foto: Cagub-Cawagub DKI Jakarta

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah merampungkan rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pilgub DKI 2017. Hasilnya pasangan nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat berada di posisi pertama.
 
"Saya akan membacakan rekapitulasi hasil dan rincian hasil keselurahan kabupatan dan kota," ujar Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di Grand Sahid Hotel, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (26/2).
 
Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat provinsi KPU DKI Jakarta, pasangan Ahok-Djarot memperoleh 2.364.577 suara. Mereka unggul atas pasangan nomor urut 2 Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan perolehan suara 2. 197.333.
 
Sedangkan pasangan nomor urut 3 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dengan 937.955. Agus di akhir hari pencoblosan telah mengucapkan selamat berlaga di putaran dua untuk Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga.
 
Selain itu KPU DKI juga menyampaikan bahwa total pemilih di Pilgub DKI adalah 7.356.426. Sedangkan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 5.564.313.
 
Dari hasil tersebut persentase raihan suara untuk Agus-Sylvi adalah 17,05 persen. Sedangkan Ahok-Djarot 42,99 persen dan paslon Anies-Sandi dengan 39,95 persen.
 
Hasil ini adalah hasil yang akan secara resmi disampaikan pada 4 Maret mendatang. 
"Dengan mengucapkan Bismillah hasil ini dinyatakan sah," tutup Sumarno.