Waketum PAN : Koalisi Bukan Hanya Ada dan Tidaknya Menteri di Kabinet

taufik kurniawan pan dpr Foto: Waketum PAN Taufik Kurniawan.,

Jakarta - Waketum PAN Taufik Kurniawan mengatakan partainya siap dievaluasi soal posisinya di kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Evaluasi kabinet ditegaskan Taufik merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Kalau ditanya siap atau tidak, nanti PAN siap, kan begitu. Kami serahkan sepenuhnya pada hak prerogatif Presiden," kata Taufik di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (26/7).

Taufik mengatakan, PAN sudah terbiasa berkoalisi dalam pemerintahan, sejak era Gus Dur hingga sekarang. Dia menjamin partainya berkoalisi tanpa syarat.

"Sekarang banyaknya yang kami sampaikan, prinsipnya PAN kalau berkoalisi itu sebagai mitra sejajar, saling memberikan terbaik untuk kepentingan bangsa dan negara. Kami berpedoman koalisi tanpa syarat," tuturnya.

PAN tetap menghormati apabila menterinya di kabinet dicopot. Menurutnya, berkoalisi dengan pemerintah bisa dilakukan tanpa harus dengan menteri di kabinet.

"Kami hormati itu, terkait hal-hal kabinet, kami berharap koalisi bukan hanya ada dan tidaknya menteri. Tapi dalam PAN dilakukan secara mekanisme AD/ART partai," paparnya.