Forum Asian Trade Promotion Forum (ATPF)

Kemendag Sampaikan Program Designer Dispatch Services (DDS)

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Dody Edward Foto: Foto Bersama CEO ATPF dengan Perdana Menteri Mongolia

Ulan Bator–Kementerian Perdagangan selalu aktif dalam forum-forum internasional untuk terus meningkatkan hubungan kerja sama dengan negara-negara di wilayah Asia, salah satunya melalui forum kerja sama organisasi promosi dagang (Trade Promotion Organisation/TPO) yaitu Asian Trade Promotion Forum (ATPF).

ATPF diikuti oleh 23 negara di wilayah Asia. Forum ini bertujuan untuk meningkatkan perdagangan di wilayah Asia melalui tukar menukar informasi dan implementasi proyek kerja sama.

Tujuannya, memperkuat jejaring diantara anggota ATPF, sehingga ATPF dipandang memiliki peranan penting dalam mendukung terciptanya kerja sama promosi perdagangan diantara TPO-TPO di Asia.

Tahun ini, forum tahunan ATPF CEO Meeting diselenggarakan pada tanggal 12-13 September 2019 di Ulan Bator, Mongolia.
Para CEO TPO berkumpul setahun sekali untuk membahas isu terkini mengenai promosi perdagangan internasional dan hal-hal lain yang relevan, termasuk hasil proyek bersama dan rencana kegiatan mendatang.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Dody Edward mengungkapkan, salah satu program unggulan DJPEN yaitu Designer Dispatch Services (DDS) yang memiliki tugas membantu UKM-UKM Indonesia meningkatkan daya saing produknya melalui desain.

“Program DDS, ini berupaya meningkatkan ekspor produk UKM ke mancanegara. Perkembangan program ini dari tahun ke tahun semakin meningkat” jelas Dody Edward.   

DDS merupakan salah satu program Kementerian Perdagangan dalam wadah Indonesia Design Development Center (IDDC) yang didirikan pada awal tahun 2014 lalu. IDDC merupakan wahana untuk berkolaborasi bagi dunia usaha, desainer, asosiasi, dan juga akademisi dalam menciptakan produk berkualitas, bernilai tambah, dan berdaya saing.

Dody menambahkan bahwa Indonesia juga siap menjadi tuan rumah kegiatan forum “Marketing&Sales (E-commerce)” yang rencananya akan diselanggarakan dalam kerangka joint project ATPF.

Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan bagi Indonesia untuk memperkenalkan perkembangan industri e-commerce dalam negeri dan menambahkan pengetahuan dan pengalaman bagi industri dalam negeri. CEO Forum menyepakati kegiatan ATPF CEO Meeting tahun 2020 akan diselanggarakan di Macao.