Kanit Samsat Jakarta Barat, AKP Riko Fermi

Inovasi Baru Pelayanan di Tengah Pandemi

Samsat JakBar Foto: Berbagai terobosan pelayanan dilakukan Samsat JakBar untuk mencegah penularan covid-19

Jakarta-Samsat Jakarta Barat terus berbenah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Berbagai terobosan pun dilakukan dalam rangka menindak lanjuti program Kapolri menuju Polri yang PRESESI (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan).

Kanit Samsat Jakarta Barat, AKP Riko Fermi mengatakan, salah satu yang dilakukan dalam Polri menuju PROSESI tersebut adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

“Di tengah pandemi Covid-19, inovasi menjadi salah satu cara yang harus dijalankan lembaga untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu tugas dari Polri adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pimpinan Polri selalu mengingatkan untuk memberikan terobosan-terobosan terbaru dalam hal pelayanan publik,” kata Riko.

Saat ini lanjut Riko, Samsat Jakarta Barat menyiapkan sejumlah inovasi diantaranya yaitu menyiapkan petugas pelayanan, baik untuk wajib pajak pria atau wajib pajak wanita. Hal ini untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi dalam proses kendaraan bermotor.

Selain menyiapkan petugas pelayanan, inovasi lainnya ialah menyiapkan parkir khusus dissabilitas, jalur khusus dissabilitas, loket khusus dissabilitas atau orang tua dan ibu hamil untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat.

Selain itu, Samsat Jakarta Barat tetap memperketat protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 serta melaksanakan pelayanan proses kendaraan bermotor yang terukur (one day service). “Intinya inovasi kami lebih ke pelayanan, agar masyarakat lebih nyaman membayar pajak," ujar Riko.

Bahkan dalam pelayanan, Samsat Jakarta Barat mengedepankan 5 S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun. “Itulah sikap yang harus ditunjukan oleh setiap pegawai Samsat Jakarta Barat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.