Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo

Secara Teknis Penindakan Bagi Pesepeda Masih Dikaji

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo Foto: Ilustrasi pesepeda (Istimewa)

Jakarta-Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya (PMJ) tengah mengkaji teknis tilang bagi road biker yang melakukan pelanggaran. Penerapan sanksi tilang bagi pesepeda tersebut sudah sifatnya mendesak. Sebab, kerap kali terjadi keributan antara pengendara sepeda motor dengan pesepeda. 

Sebenarnya, dalam pasal UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan nomor 22 tahun 2009 sudah ada aturan penilangan bagi pesepeda road bike. Namun secara teknis, penindakan tersebut masih terus dikaji. 

"Memang hal ini masih baru di Indonesia. Belum ada ada penindakan kepada kendaraan tidak bermotor. Karena memang kendaraan sepeda ini tidak ada STNK, kemudian tidak ada SIM-nya. Artinya, masyarakat itu bertanya-tanya kalau memang ditindak apanya yang dijadikan barang bukti? Bagaimana proses hukumnya?," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya.

Selain mekanisme tilang, Polda Metro Jaya juga tengah mengkaji barang bukti yang akan disita dari pesepeda yang melanggar aturan. 

"Kalau misal penindakan yang disita apanya nih? Cukup KTP-nya si pesepada atau sepedanya itu sendiri. Bagaimana registrasi dan sebagainya tentu ini harus dibicarakan lebih lanjut," tutup Kombes Sambodo.