Dukung Industri Pariwisata di Gunung Kidul, Kemenhub akan Bangun Bandara Gading

Budi Karya Sumadi Foto: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merencanakan pembangunan bandara di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Bandara tersebut dinamakan Bandara Gading.
 
"Bandara Gading kan dimiliki oleh TNI Angkatan Udara. Kalau KSAU setuju, pembangunannya akan dimulai pada tahun 2018 dan paling lambat 2019 sudah bisa selesai," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya resminya, Minggu (13/8).
 
Ia menuturkan, sebelum dimulainya pembangunan bandara tersebut Pemerintah terlebih dahulu meminta izin kepada KSAU. 
 
"Pertama Pemerintah akan izin ke KSAU bahwa ada bandara yang belum dikelola dengan baik. Kemudian akan merencanakan menjadi bandara kegiatan-kegiatan turis dan akan segera membangun infrastruktur pendukung. Panjang landasan terbangnya sekitar 1.600 meter," jelas dia.
 
Nantinya bandara tersebut hanya bisa didarati oleh jet pribadi dan pesawat jensi ATR.  Pembangunan bandara ini juga untuk merealisasikan rencana Gunung Kidul menjadikan pariwisata sebagai industri unggulan.
 
"Saya salut dengan kabupaten Gunung Kidul. Di sini akan ada Bandara Gading, sebagai bandara kedua selain Kulonprogo. Hal ini sejalan dengan Gunung Kidul yang merencanakan pariwisata sebagai industri unggulan. Untuk itu, koneksitas udara sangat penting," pungkas dia.