Risma Tolak Cawagub di Pilgub Jatim, PDIP: Beliau Dicintai Rakyat Surabaya

pdip Foto: Tri Rismaharini.

Jakarta - PDIP menghormati keputusan Tri Rismaharini (Risma) yang menolak menggantikan pencalonan Abdullah Azwar Anas sebagai bakal cawagub Jawa Timur. PDIP tetap mendukung Risma menyelesaikan tugasnya sebagai wali kota Surabaya.

"Beliau wali kota Surabaya yang dicintai rakyat. PDIP menghormati untuk Bu Risma menyelesaikan tanggung jawabnya di Kota Surabaya," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di depan kediaman Megawati Soekarnoputri, Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat, Sabtu (6/1/2018).

PDIP hingga saat ini belum memutuskan pengganti Anas sebagai cawagub yang berpasangan dengan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). PDIP masih memikirkan upaya lanjutan terkait serangan kampanye hitam terhadap Anas lewat foto-foto lawas.

"Partai tetap memberikan bantuan dan dukungan kepada Pak Azwar Anas yang berjuang untuk menegakkan kebenaran itu," katanya.

Risma sebelumnya menegaskan menolak maju di Pilgub Jatim. Keputusan ini sudah pernah disampaikan berulang kali.

"Di awal saya sudah sampaikan, saya terus terang, masih kepingin di Surabaya. Saya tidak ingin berubah. (Keputusan) itu sudah sejak beberapa tahun lalu," ujar Risma di Surabaya.